Tips Cegah Kulit Kering Saat Puasa

Selasa, 30 Mei 2017 - 06:01 WIB
Tips Cegah Kulit Kering Saat Puasa
Tips Cegah Kulit Kering Saat Puasa
A A A
BANDUNG - Saat berpuasa kadang membuat sebagian orang, terutama wanita, khawatir kulitnya menjadi kering lantaran asupan cairan ke dalam tubuhnya berkurang. Tapi, kulit kering ternyata bisa dihindari.

"Saat Ramadan ini titip pesan saja supaya tetap minum delapan gelas sehari," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dr Kartika SpKK.

Adapun cara agar bisa minum delapan gelas sehari, itu bisa diakali. Saat berbuka dan masa berbuka hingga malam, minum air bisa dilakukan secara bertahap. Selain itu, konsumsi air bukan hanya air putih. Bisa berupa sirup, teh, bahkan sup.

Mencegah kulit kering juga bisa dengan menggunakan tabir surya atau pelembab kulit. Sebab, saat Ramadan biasanya sangat identik dengan cuaca panas atau kemarau.

Penggunaan pelembab kulit akan bisa meminimalisir kekeringan pada kulit sehingga, puasa dan cuaca panas tidak akan berdampak signifikan.

"Gunakan tabir surya yang mengandung SPF, itu akan berkontribusi untuk melembabkan kulit," ungkap Kartika.

Selain itu, sering terkena air, terutama saat berwudhu menjadi hal yang bagus untuk kulit. Saat wudhu, kulit akan terasa lebih segar.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5772 seconds (0.1#10.140)